Minyak Ikan dan Wanita Hamil

Sementara minyak ikan bermanfaat untuk orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin, ada beberapa manfaat khusus untuk wanita hamil kehamilan dan minyak ikan. Karena bayi yang sedang berkembang mengambil begitu banyak sumber daya dari tubuh ibu, wanita hamil berisiko mengalami sejumlah gangguan dan kehilangan nutrisi, yang terkadang dapat berdampak negatif bagi kesehatan dalam jangka panjang. Omega 3 khususnya dapat membantu mencegah kehilangan otak selama kehamilan. Banyak wanita hamil merasa pusing dan pelupa saat mereka bersama anak, yang sebagian besar disebabkan oleh pengalihan aliran darah yang terkonsentrasi di dalam rahim. Pengalihan sumber daya ini dapat membuat organ-organ seperti otak rentan, tetapi asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu menambah cadangan alami tubuh agar wanita hamil tetap kuat dalam pikiran dan tubuh.

Bahkan lebih dari itu, omega 3 telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan lainnya selama kehamilan. Menurut beberapa penelitian pendahuluan, wanita dengan jumlah tinggi asam lemak omega 3 dalam makanan mereka lebih kecil kemungkinannya menderita komplikasi seperti pre-eklampsia, persalinan prematur, dan depresi pascapersalinan. Dalam jangka panjang, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa wanita ini lebih kecil kemungkinannya terkena kanker payudara, berkat sifat nutrisi asam lemak omega 3.

Seiring dengan tunjangan ini, minyak ikan selama kehamilan hanya dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan keseluruhan. Mengingat stres fisik dan emosional selama kehamilan, sesuatu yang dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan bisa menjadi faktor penting untuk kehamilan yang sehat dan bahagia. Sementara tubuh wanita sangat fokus pada bayi yang sedang berkembang, omega 3 memberikan dorongan ekstra untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan ibu.

Dengan manfaat ini, luar biasa bahwa hanya sekitar dua persen wanita hamil yang mengonsumsi Omega 3 dalam jumlah yang disarankan setiap hari. Dari perempuan yang tersisa, sebagian besar bahkan tidak mendekati rekomendasi harian. Meskipun perawatan prenatal telah membuat perbaikan besar dalam beberapa tahun terakhir, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam mendidik wanita tentang nilai asam lemak omega 3 yang diberikannya.

Minyak Ikan dan Janin

Meskipun ada manfaat yang jelas bagi ibu, kasus terkuat untuk memastikan seorang wanita hamil mengadopsi diet kaya dengan minyak ikan didasarkan pada kesehatan janin. Pembentukan bayi adalah proses yang rumit dan terperinci. Semua faktor harus bekerja bersama untuk membuat setiap bagian tubuh dan setiap internal bekerja dari tubuh kecil bayi yang baru lahir. Untuk melakukan ini, tubuh ibu harus memberikan nutrisi untuk memberi nutrisi dan energi yang dibutuhkan janin untuk tumbuh dan terbentuk. Nutrisi ini berkisar dari kalsium hingga vitamin A hingga asam folat. Setiap nutrisi membantu perkembangan spesifik.

Mengenai asam lemak omega 3, manfaatnya paling menonjol dalam perkembangan otak dan mata. Pada saat bayi yang baru lahir akhirnya memulai debutnya di dunia, hampir tujuh puluh persen otak bayi terdiri dari DHA dan EPA, dua asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan. Persentase ini bisa lebih atau kurang, tergantung pada jumlah minyak ikan dalam diet kehamilan ibu. Bayi dengan persentase tinggi terbukti memiliki perkembangan otak yang kuat, dengan beberapa bukti oleh sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan kecerdasan keseluruhan yang lebih tinggi pada usia enam bulan.

Retina bayi yang baru lahir juga terdiri dari asam lemak ini, dan janin yang tumbuh sangat bergantung pada asam lemak omega 3 dari minyak ikan untuk memiliki penglihatan sehat. Pembentukan retina padat adalah faktor kunci dalam penglihatan yang baik di kemudian hari, sehingga janin yang menerima porsi asam yang lebih tinggi lebih cenderung memiliki penglihatan yang lebih baik setelah lahir.

Manfaat lain yang diusulkan berhubungan dengan sistem saraf. Komunitas medis umumnya memeluk asam lemak omega 3 sebagai pemain penting dalam pengembangan sistem saraf, membantu menjaga keseimbangan halus yang diperlukan, yang sangat penting saat janin mengalami pertumbuhan dramatis dalam rahim.

Hubungan kuat ini ke otak dan sistem saraf juga dapat menjelaskan mengapa anak-anak yang menerima jumlah omega 3 yang tepat sebelum dilahirkan memiliki perilaku dan masalah tidur yang lebih sedikit saat mereka tumbuh. Selain itu, penelitian terbaru mungkin menunjukkan koordinasi mata-tangan yang lebih baik dan penurunan risiko kemunduran verbal untuk balita yang ibunya makan makanan yang kaya omega 3 selama kehamilan.

Beberapa data awal juga menunjukkan bahwa minyak ikan mungkin terkait dengan alergi yang lebih sedikit. Berita ini bisa menjadi terobosan yang signifikan, pengobatan syaraf kejepit tanpa operasi terutama karena alergi makanan di kalangan anak-anak terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, menurut satu studi yang diterbitkan di Acta Paediatrica, anak-anak yang memiliki jumlah minyak ikan yang cukup dalam makanan mereka cenderung memiliki alergi seperti sebanyak tiga belas persen, mungkin karena efek anti-inflamasi dari minyak ikan, yang dapat meringankan pembengkakan dan penyempitan saluran napas yang sering dikaitkan dengan alergi makanan yang berbahaya. Manfaat-manfaat ini juga dicatat untuk mengurangi prevalensi kelainan seperti eksim, yang menurut penelitian yang sama berkurang sebesar enam belas persen di antara bayi yang ibunya memiliki cukup asam lemak omega 3 dalam makanan mereka.

Secara keseluruhan, minyak ikan sebagai bagian dari diet kehamilan membantu dalam pengembangan lintas papan, mengurangi risiko banyak penyakit dan penyimpangan perkembangan. Bayi yang ibunya mengonsumsi dosis tepat minyak ikan bahkan telah terbukti memiliki berat lahir keseluruhan yang lebih tinggi, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di University of Bristol di Inggris.

Sangatlah jelas untuk melihat bahwa manfaat kesehatannya sangat banyak, dan, terlebih lagi, masih ditemukan. Anak-anak membutuhkan asam lemak omega 3 untuk perkembangan yang kuat, dan mereka yang menerima jumlah yang cukup selama kehamilan cenderung unggul secara fisik dan mental, berkat faktor nutrisi kuat yang terkait dengan minyak ikan. Dengan semua manfaat ini, sebagian besar wanita hamil sulit sekali untuk tidak mempertimbangkan menambahkan lebih banyak minyak ikan ke dalam makanan mereka untuk memberi bayi mereka peluang terbaik yang mereka bisa.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>